puluihan warga loea keracunan makanan


Puluhan warga Loea keracunan makanan

   
Tirawuta  (Kabar Anoa)
       Sekitar 60 orang warga kecamatan Loea, Kabupaten Kolaka Timur, diduga keracunan makanan pesta salah seorang warga sekitar, warga yang mengalami gejala keracunan terus bertambah saat acara makan malam usai.
Menurut kepala puskesmas Loea,  Iwayan Santun  warga yang mengalami keracunan mengalami kejang-kejang, mual, pusing bahkan ada juga yang mengalami muntah.
 "Mayoritas warga yang mengeluh keracunan seperti kejang-kejang, mual, pusing bahkan sampai ada muntah. Untuk warga yang kritis atau kondisinya sangat lemah kini telah kami berikan inpus," kata Kapus Loea, Kamis,(20/6)
Menurut Iwayan, informasi dari warga kelurahan Loea, Kecamatan Loea yang mengeluh keracunan mereka sempat makan makanan dari pesta salah seorang warga, mereka mulai mengalami keluhan mual dan pusing atau gejala keracunan pada Rabu (19/6) malam.
 Selain di Puskesmas Loea, karena jumlah warga yang mengalami keracunan banyak, maka sebagian dirujuk ke Puskesmas Ladongi , puskesmas ladongi,Loea dan rate-rate. Dimungkinan, warga yang mengalami keracunan tersebut akan terus bertambah karena sampai saat ini warga masih berdatangan ke puskesmas.
 "Kami sudah berkoordinasi dengan Puskesmas di kolaka timur, dalam hal ini untuk mengobati pasien, mengingat ruangan puskesmas tidak mampu menampung banyaknya pasien keracunan ini. Sebagian warga yang kondisinya lemah sudah diimplus dan sebagian lagi diberi obat penghilang rasa mual," tambahnya.
Sementara itu salah seorang warga yang mengeluh keracuanan,Wulatnan mengatakan setelah menyantap makanan pesta yang berisi nasi, sayuran dan lauk pauk awalnya tidak merasakan apa-apa, tetapi tiba-tiba pada Kamis pagi dirinya merasakan pusing dan mual.
"Ternyata tidak saya saja yang mengalami gejala seperti ini tetangga dan keluarga saya yang ikut menyantap makanan pesta tersebut pun sama mengalami mual, pusing dan muntah-muntah," kata Wulatnan.
Saat ini makanan yang diduga penyebab keracunan warga telah di bawah pihak dinas kesehatan kabupaten kolaka untuk melakukan pemeriksaan tersebut, saat ini pihak dinas kesehatan kabupaten kolaka telah membawa sampel makanan untuk diperiksa seperti, nasi, dagiging sapi, daging ayam, serta beberapa rempah-rempah makanan lainnya. (dekri
)




Komentar